do not piracy!

do not piracy!
this blog is my creativity

Selasa, 04 Juni 2013

catatan : 4 Juni 2013

apa kabar dunia penulisan hari ini? disekitara para amatir terutama...

ini adalah cita-cita, seperti mimpi ketika naskah Save My Heart diterima...
tapi seperti dihantam gada saat ternyata saya harus me-rapikan segala kekacauan didalamnya.

dan setelah jalan tiga bulan menulis ulang semuanya...
OH Tuhan....

sepertinya saya melewatkan 10 tahun kelas bahasa Indonesia dibagian bab menulis novel...

bukannya tidak belajar ekstra dalam tiga bulan ini... saya berusaha keras. sebisa yang saya mampu walau kesannya juga gak maksimal karena prioritas saya masih pada 'mengurus rumah tangga' yang tanpa asisten...
walau sebenarnya urusan rumah tangga tidak boleh jadi alasan 'sandungan' disini. karena ini cita-cita saya...

baiklah, ini bukan komplain pada kehidupan saya yang masih dalam level satu kehidupan manusia berumah tangga...
ini lebih pada cara belajar saya yang sepertinya sangat lambat dan sulit untuk mencerna dan menerima masukan.

ini adalah tentang bagaimana seorang penulis jebolan 'dunia mimpi' seperti saya, mencoba menembus pasar bacaan manusia yang hidup di dunia nyata.

kesenangan saya menuliskan segala sesuatu dengan 'metafora', menyembunyikan 'konflik' dengan bahasa yang sangat tidak gamblang (implisit), juga kebiasaan saya yang 'menjelaskan panjang lebar dan sangat luas dan bahkan tidak menunjukkan dimana konflik ceritanya....

alurnya jadi berjalan sangat lambat, bahkan pembaca cerita 'show' akan jadi sangat bingung dimana sebenarnya masalah dari para tokohnya.
saya sangat menyadari itu...
tapi entah kenapa, saya juga tidak punya kalimat (sampai saat saya menuliskan kalimat ini) tentang bagaimana menggambarkan konflik dan masalah itu kepermukaan.

kemarin saya bilang pada teman diskusi saya, kalau saya bukan orang yang jujur. saya bahkan tidak tertarik mengatakan tokoh ini sakit jiwa, kesepian, dan mungkin harus minum obat anti depresan. dan saya lebih suka menggambarkannya secara lambat, bahwa ia terus-menerus mengenang masa lalu disetiap sendirinya, dan ketika ia menghadapi sesuatu yang sangat ia tidak harapkan, ia langsung jatuh sakit.

owh.....

saya memang bukan pendongeng yang baik.

profil sederhana saya seperti ini :

saya besar dengan puisi, mulai taufik Ismail sampai WS Rendra.
saya membaca Horizon dan berhenti baca Annida ketika edisi cetaknya tak lagi keluar.
saya bahkan tidak menikmati novel khusus untuk saya cerna dan saya favoritkan penulisannya.
bahkan ketika saya jatuh hati pada Rectoverso karya dee lestari, saya tidak membaca Supernova dan yang lainnya.
tukang mimpi seperti saya, lebih senang ngomel-ngomel dari pada duduk diam dan menyimak bacaan sampai detailnya.
karena kemudian sejak ada AADC saya beralih dari puisi ke cerpen remaja yang ringan dan terikat pada judul yang bisa diterjemahkan dalam delapan halaman folio.
yang pernah terpublikasi akhirnya, ada 'gusuran', '5 minute', '2 pelari'. dan hanya satu majalah yang menerimanya.

setelah menikah, saya cukup lama vakum, dan kemudian saya memulainya dengan 'memaksakan diri' berada didepan komputer 2 jam sehari agar saya punya karya lagi.


baik.
lalu sebenarnya apa yang diharapkan penerbit dari penulis amatir yang gak produktif seperti saya? gak pernah ikut kursus penulisan, memulai semuanya dari ber-mimpi, bahkan saat tidur siang. dan saya masih sangat sulit memahami kenapa tokoh harus begini, alur harus begitu, konflik harus terbaca, dan lainnya....


seperti kata seorang teman online yang lain.
bahasa saya terlalu banyak penjelasan, sedikit adegan yang menggambarkan alurnya...
oh....
bahkan sekarang saya kehabisan kata-kata untuk menyelesaikan postingan ini.

baiklah, saya akan menyelesaikan naskah ini dengan cara saya. selebihnya saya pasrahkan pada Tuhan, akankah saya punya satu karya yang akan dipajang di toko buku?

kita tunggu jawaban Tuhan...



note :
saya sedang menyemangati diri, mohon maaf untuk beberapa teman yang kemaren sudah saya call untuk naskah abigwish dan bigbighug, saya pending dulu ya... terima kasih atas maklumnya.

bagi yang berminat membaca teaser SAVE MY HEART, silahkan mention via twitter @AnakkuSaffanah atau email langsung ke saffanah.tsabita@gmail.com

salam.

-ephy-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar