do not piracy!

do not piracy!
this blog is my creativity

Sabtu, 10 Desember 2011

catatan : 10 Desember 2011

Hai semua, hari ini sepulang dari mengurus urusan jual-jualan. setiba dirumah mama, aku dapat ide, lagi.

hm, ini tentang sesuatu yang rupanya bisa menjadi sedikit tambahan dalam kategori

  1. memperbanyak jumlah kata dalam setiap bab
  2. meningkatkan dukungan imajinatif saat membaca
  3. mengembangkan konsep pada sisi visual dalam bentuk kata

ini karena aku sedang ikutan nimbrung di kegiatan menulis 30 hari di sosial media (#G30HM) jadi kepikiran untuk sharing hal ini.

bulan oktober lalu, G30HM ngajakin nulis cerpen, favorit food n resto, trus, orang yang dikagumi, dan hobbi.
bulan desember ini, G30HM ngajakin nulis, dongeng, kata-kata bijak, good things, dan what will you do each day. (sekarang baru minggu ke-2)

nah, dalam suatu pengamatan sederhana...
hal2 itu adalah hal2 yang paling biasa yang bisa saja kita tambahkan, untuk beberapa jenis novel simple. seperti yang termasuk dalam kategori chickleet, teenleet, dan atau roman, dan lain sebagainya.

ini contoh ya....

dalam satu minggu terakhir, aku lupa. dan sangat-sangat lupa, kalau ternyata hobi menangis mama sudah semakin parah. mungkin pepatah yang mengatakan "air mata perempuan itu adalah hal yang sangat berharga" sudah tidak berlaku lagi bagi mama. setiap hari mama hanya akan duduk di kursi taman, memandang kolam renang yang sepi, dan mengabaikan semua hal yang ada disekelilingnya. hanya diam, dan tiba-tiba air matanya akan mengalir begitu saja. bahkan, sekalipun aku sudah berusaha menyuguhkan pempek favorit mama, itu tidak berguna.
...

check.
ya, menyisipkan hal-hal sederhana dalam sebuah paragraf naratif...
it's simple n fun!
menambah jumlah kata, dan dari sisi imajinatif dan visual, kita bisa mengajak pembaca pada hal yang lebih dalam.. :)


berikutnya...


masih tentang menulis.
kumpulkan kata-kata imajinatif sebanyak-banyaknya dari sekarang, mulai dari nasehat, percakapan dengan orang-orang gak penting sekali pun. dan saat sudah akan mengerjakan novel, itu akan jadi referensi yang baik, untuk mempertegas percakapan atau mungkin menjadi sisipan monolog seorang karakter.

gak harus dikasi contoh lagi kan???
hm, aku kasi satu deh...

ini co-pas twitt seorang seleb yang aku follow :
.....
Bye Biak.. Penerbangan pagi ini dengan pesawat kecil single engine, deg2an, tapi co-pilotnya cantik.. *sedikitmembantu*
so, kalau kamu jadi penulis hebat.. dari satu kalimat aja, kamu pasti bisa membayangkan "fiksi" cerita versi kamu.

ini versi aku.

aku terguncang, sedikit. saat pesawat lepas landas. oh, Tuhan. semoga ini tidak lama. aku bergumam dalam hati. tapi ternyata saat kubuka mata setelah menggumamkan doa itu, kutemukan wajah cantik sedang tersenyum melewatiku, keluar dari ruangan pilot. oh, Terimakasih Tuhan, perjalanan ini tidak terlalu menakutkan sekarang.

:)

ok!

itu saja sharing dari saya dulu.
semoga membantu.



semangat!
-phy-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar