do not piracy!

do not piracy!
this blog is my creativity

Jumat, 07 Februari 2014

catatan : 7 Februari 2014 - Kampung Fiksi dalam J50K

Kamu tidak diizinkan untuk menyesal demi sebuah karya...

**
Tiga tahun lalu, tepat setelah saya berhenti menghasilkan karya selama hampir dua tahun, saya mengenal Kampung Fiksi kali pertama, lewat sebuah promosi event menulis berjudul : J50K. Sebuah tantangan untuk menghasilkan draft karya sepanjang 50ribu kata selama bulan Januari. Dan saya kembali menyusun naskah impian saya.
--



Tidak banyak hal yang saya ingat, satu saja. Demi J50K yang diadakan Kampung Fiksi saya memulai halaman blog yang baru, dalamceritasaja[dot]blogspot[dot]com. Halaman yang saya peruntukkan bagi segala hal yang berhubungan dengan karya fiksi – impian saya. Cerpen, Cermin (flash fiction), Puisi, hingga draft Novel yang saya impi-impikan.

KAMPUNG FIKSI
Sebagai seorang yang belum berpengalaman memiliki pembaca, saya belajar banyak hal dari artikel-artikel yang di post oleh Kampung Fiksi. Mulai dari tips dan trik menulis, sampai belajar dari mereka yang punya pengalaan lebih dengan karya terpublikasikan.

Januari 50ribu Kata pertama saya di tahun 2012, sebuah judul saya tetapkan : SAVE MY HEART, kisah dari tujuh gadis yang dipertemukan dalam event lomba lari marathon – kelas 10 kilo meter. Sebuah pengalaman menulis ‘striping’pertama. Karena biasanya saya hanya menulis cerpen-ff-puisi. Tantangan yang memacu seluruh adrenalin, memaksa diri untuk disiplin, ternyata saya berhasil mengumpulkan sekitar 46ribu kata dalam kurun 31 hari. Sebuah awal yang sangat baik bagi seorang amatir.

Banyak hal kemudian dari satu event ini yang bisa saya petik hikmahnya, satu keberanian itu ada karena sebuah tekad.

Pada akhirnya saya mengirimkan naskah mentah SAVE MY HEART kepada beberapa alamat e-mail penerbit, satu dari beberapa itu menerimanya di tahun 2013. Tapi naskah yang saya kerjakan ternyata terlalu mentah untuk sebuah draft Novel, saya diminta menulis ulang, semuanya, dari awal. Tapi semangat satu tahun sebelumnya ternyata tidak bisa saya temukan, hanya empat bab, lalu saya menyerah untuk menyusun kembali kisah itu.

Tapi memang pada dasarnya saya tidak mau mengalah dengan keinginan besar memiliki buku, di J50K 2013 saya tidak turut serta, karena sedang menyelesaikan sebuah naskah yang sudah saya kerjakan sejak bulan November-nya, sebuah naskah untuk lomba ‘WANITA DALAM CERITA’, saya beri judul “#abigwish with Diana Rikasari. Semangat yang sama seperti semangat J50K saya rasakan saat menyusun novel ini. Walau ternyata saya memang belum menemukan bagian penting dalam penyusunan cerita panjang.

Awal 2013, saat saya mengerjakan rewrite SAVE MY HEART, akhirnya saya belajar, ‘show, do not tell’. Perlahan tapi pasti, saya kembali fokus menulis, menemukan kembali motifasi menghasilkan karya, mengejar satu impian saya, punya buku, punya pembaca.

Bulan September 2013 panggilan J50K kembali digaungkan oleh Miss Ge, salah satu penyemarak Kampung Fiksi yang saya rajin baca tulisan-tulisannya, di Facebook, Twitter, Blog. Saya kembali menyusun kerangka cerita, sebuah konsep, saya gak mau muluk-muluk dengan Novel, saya berencana kembali pada Cerpen. ‘OwN’ adalah judulnya, kumpulan kisah dari mereka yang datang dan pergi, bertemu dan berpisah demi sebuah impian cinta.

Ya, saya rasa kerangkanya sudah cukup matang, sampai pada akhirnya, Januari 2014 datang dan berlalu dengan segera, hanya 24ribu kata yang terkumpul. Menyesal? Tidak.

Kamu tidak diizinkan untuk menyesal demi sebuah karya, itu semangat yang ditanamkan sejak awal dalam event J50K yang digelar Kampung Fiksi. Dan saya menemukan semangat itu, untuk diri saya, terus berkarya.

--
** (500 kata)


"Ikut memeriahkan ultah Kampung Fiksi yang ke-3 bersama Smartfren, Mizan, Bentang Pustaka, Stiletto Book dan Loveable."



3 komentar:

  1. Keren :) Itu bener banget, kita tidak diijinkan untuk menyesal, harus belajar dan move on. Thanks ya :)

    BalasHapus
  2. Postingan yang bagus, sob.
    Mampir sini juga donk http://pujaputri.blogspot.com/2014/02/mari-mengenal-kampung-fiksi-lebih-dekat.html makasih :)

    BalasHapus
  3. 24 ribu kata? wow saya nulis 1000 kata aja sudah ngos-ngosan

    BalasHapus