do not piracy!

do not piracy!
this blog is my creativity

Selasa, 08 November 2011

catatan : membaca ditengah menulis

katanya, kalau tengah menulis, jangan terlalu banyak membaca
nanti terjadi 'plagiatisme' tanpa disadari.
katanya, kalau tengah menulis, jangan terlalu sering dibaca ulang, terus saja menulis agar tidak terhenti ditengah jalan.
katanya, kalau tengah menulis, jangan diceritakan pada banyak orang, nanti jadi il-feel dan gak selesai-selesai karena pada banyak yang penasaran pingin tau isinya.

tapi aku?

aku membaca beberapa jenis buku dalam sekilas pandang, menghabiskan sepuluh sampai dua puluh halaman dalam setiap buku yang ingin aku baca, ditengah-tengah masa menulisku.
aku mengulang, membaca semua yang sudah aku tulis, lebih dari tiga kali dalam sehari aku menulis. dan aku tetap menyemangati otakku untuk meng-ekplorasi ide-ide konflik gila imajinatif dan bikin sakit perut sampai harus nongkrong di kamar mandi lebih dari 30 menit.
aku malah berkonsultasi dengan banyak teman, mulai dari dokter sampai translater, mulai dari arsitek sampai penulis skenario tv. aku mencoba mendapatkan referensi dan pengetahuan baru untuk kemudian mengembangkan ide ceritaku, yang kata mereka pastilah khayalan tingkat tinggi.

jadi kata siapa? ide tulisan gak boleh di bagi pada orang lain?

memang ada beberapa orang yang tidak mampu menahan diri dari 'mencontek' ide gila orang lain yang lebih gila. tapi setiap mereka yang menulis, pasti tahu batasan mencontek yang sebaik-baiknya.

oh, ya! makasih aku ucapkan di awal. untuk teman-temanku yang ada di Singapura, untuk dokter Annisa Hasanah, untuk translater Early Tyagita Hakim, untuk Rectoverso by Dee, dan untuk efek rumah kaca dengan 'Desember'nya.

kamu?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar