do not piracy!

do not piracy!
this blog is my creativity

Selasa, 04 Maret 2014

catatan : 4 Maret 2014


lagi suka pada sesuatu yang berbau korea?
ah... jangan bilang "telat"
dari dulu saya memang suka drama korea, mulai dari cerita yang menguras air mata, drama dengan kisah romantis dan bumbu komedi.

hm, satu yang aku mulai tonton dulu adalah salah satu film won-bin berjudul 'friend'

lalu 'full house', 'coffee prince', dan sekarang aku terpikat pada 'REPLY 1994'.

apa sih asiknya drama? drama korea pula...?


ada hal dari menonton yang saya pelajari sekarang, penggambaran karakter. suatu hal yang masih saya belum pahami sepenuhnya, masih harus belajar, terutama untuk detail dan komposisi 'penggambaran'.
menonton serial drama korea, bagi saya masih lebih banyak ilmu-nya ketimbang nonton drama/sinetron Indonesia sekarang ini. terutama sejak hasil amatan saya, drama Indonesia setelah tahun 2005.lebih banyak yang -hiperbolis- walau beberapa seri ftv yang saya tonton tampak masih lebih manusiawi.
ya... bukan menghina atau menjelekkan, kalau yang dua atau tiga seri saja saya masih akan bertahan untuk menonton, tapi kalau sudah masuk ke sinetron ber-puluh-puluh episode, hm......

walau ternyata kali ini saya mengikuti Reply 1994 yang memasuki episode ke 33, hahahahaha.... tapi saya tidak mengikutinya tiap hari, ada beberapa episode yang terlewat karena saya pikir sudah selesai ceritanya..

hm, pelajaran :
1. dialek daerah. setiap tokoh memiliki dialek yang berbeda, karena mereka berasal dari provinsi yang berbeda. seru, karena kadang perbedaan dialek bisa jadi bahan 'candaan', tanpa emosi, tidak mengusik tempramen, walau kadang sedikit menyinggung, tapi 'penggambaran' dengan kalimat dan ekspresi yang jujur, itu menyenangkan.
2. penampilan. gak semua orang harus pakai celana kedombrongan, gak semuanya juga ber-hotpants, walau sebenarnya mereka punya kesamaan. tiap karakter dikuatkan dengan penampilannya, setiap orang punya caranya sendiri meng-ekspresikan diri. dan itu adalah salah satu ilmu tentang penggambaran tokoh yang baik.
3. perkawanan-permusuhan-kesetiaan-kebencian-kasihsayang-kecemburuan, ya, setiap peran dengan konfliknya, hampir semua mengalami hal itu, secara bergiliran diceritakan, mengalir, hm... saling terikat, dan mengikat.

mungkin itu dulu, tiga peljaran pentingnya.

sebagai penutup, INFO PENTING :
dengan ini saya memperpanjang pengumpulan naskah untuk SEBUAH BUKU, yang tenggatnya saya majukan sampai 1 APRIL. untuk detail - sebuah buku - silahkan cek post : http://dalamceritasaja.blogspot.com/2014/01/catatan-khusus-6-januari-2014.html


baiklah, sekian dulu....
selamat beraktifitas kembali.


-ephy-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar