do not piracy!

do not piracy!
this blog is my creativity

Sabtu, 30 November 2013

catatan : 'Menjadi Nekaders J50K' - mari bermimpi

Baiklah, kita akan menulis gaya bebas. Dimulai dari mana? Ya, tentang apa itu 'nekaders'.
Menjadi orang nekad, begitu maksud dari kampung fiksi. Sebenarnya, apa benar-benar seseorang mampu menulis 50 ribu kata dalam kurun 31 hari? Itu maksud dari JANUARI 50 RIBU KATA.
Sebenarnya itu sedikit, dalam bentuk draft, tapi untuk berkomitmen dan mengerjakannya secara maksimal, optimal dan terselesaikan?

2012 yang lalu saya gak sukses, cuma 46 ribu kata.

Nanggung, kurang sedikit. Iya.
2013 kemarin saya gak ikutan, karena sebelumnya sudah niat ikut lomba novel "wanita dalam cerita". Dan walau tidak menang dalam kategori apapun, tapi saya senang, sudah punya karya pada tiap tahun sejak saya membuka halaman blog ini.

Menulis adalah bagian hidup saya sejak tahun 1997, dan rasanya saya sudah menjadi sangat tua dalam menulis, walau ternyata saya tidak pernah jadi ahli dalam menulis. Sekedar punya karya, bersenang-senang menuangkan isi otak yang tumpah-tumpah, dan kalau mau dibilang mengejar cita-cita, Menulis bukan bagian dari cita-cita saya. 
Hanya saja dengan menulis, saya bisa memacu diri, semakin bersemangat, berlari mengejar apa-apa yang saya inginkan.

J50K, adalah momen di mana saya bisa merencanakan sesuatu tentang karya yang baru.
Di 2012 saya menulis tentang cinta, teman, dan berlari.
Di 2013 saya menulis tentang profesi desain dan mengejar impian.
Di 2014 saya akan menulis tentang ragam konflik dalam berkawan.
Persiapan kali ini cukup ekstrim, karena begitu Mbak G menyalakan alarm untuk panggilan J50K, saya langsung mengambil kertas dan menuliskan SKETSA pertama saya.

Bagaimana? Sudah cukup persiapan saya? Belum.
Tertanggal sejak sketsa itu saya tuliskan, 18 September yang lalu, saya mulai mengerjakan draft cerita yang tiba-tiba muncul di dalam otak saya.
Sebuah Kumpulan cerpen, itu target saya. Pembagian sederhananya 50 ribu dibagi 10 cerita, jadi draft masing-masing cerita akan punya 5 ribu kata.
Sebagiannya sudah tersusun, sedikitnya dua konsep cerita sudah siap rancangannya. Setting, tokoh, karakter, dan saya juga mulai pengerjaan alur.
Mungkin kata mereka menulis cerpen tidak seribet menulis novel, tapi bagaimana kalau semua ceritanya terjadi di satu tempat?
Ya, saya sedang belajar untuk tidak melakukan 'pengulangan' dalam 10 bagian cerita itu nantinya. Saya harap itu bisa jadi awal yang baru bagi saya untuk menyelesaikan draft novel saya yang lain.

Kesenangan dalam J50K adalah bagaimana kamu belajar disiplin dengan apa yang kamu kerjakan, bekerja keras menyelesaikan dan mencapai suatu target yang akan menjadikanmu seorang pemenang. Walau kadang kita tidak perlu berlomba untuk menang, tapi demi mewujudkan sesuatu yang lebih dari sekedar baik, itu tentu butuh usaha maksimal.

Di tahun 2012 lalu, naskah J50K saya akhirnya diterima salah satu penerbit, tapi resikonya adalah, tuntutan untuk disiplin dan bisa menulis ulang hanya dalam kurun waktu dua bulan, sedangkan dasar-dasar saya masih tipis, kedisiplinan kadang dipaksakan bertoleransi dengan kegiatan lain yang sulit dinomor-duakan, akhirnya penerbit membatalkan kontrak, karena tenggat waktu.

Rugi?
Jelas.
Impian punya buku yang diterbitkan penerbit major harus pupus, sesaat. Tapi saya berniat untuk terus belajar dan berkarya. walau hanya draft-draft kecil, saya berniat membukukan mereka sementara. Dalam hal ini, saya mencoba mempublikasikannya lewat 'self published'. Dan semoga di 2014 ini saya bisa memaksa diri untuk semakin disiplin dalam mengerjakan apa yang saya inginkan. Fokus, dan berhasil.

Baiklah, kalau kamu benar-benar ingin punya karya, mari berlomba. Sesekali itu perlu untuk bisa tahu, sampai mana batas kemampuanmu.
Silahkan kunjungi kampungfiksi dot com, dan kalau kamu ber-twitter dan ber-facebook, mereka juga ada disana.

Berkomitmen untuk menang.
Demi sebuah karya baru.

-ephy-


3 komentar:

  1. Waduuuh... :'( sayang sekali jadinya nggak jadi terbit karena ga bisa memenuhi deadline-nya... Semoga dalam waktu dekat ini berhasil!

    BalasHapus
  2. hai, salam kenal dan salam persahabatan, senang membaca tulisannya hihi, saya baru pertama kali ikut lomba ini, semoga sama2 bsa mencapai tujuan 50 ribu kata kalau bs lebih, aamiin, oh ya mbak fitri, saya mengundang main ke rumah saya di http://www.ahmadharakan.com . saya tunggu yah kunjungannya.. :D salam

    BalasHapus
  3. Dear Ephy, selamat ya, kamu terpilih sebagai salah satu berhak mengikuti Kelas Online Mengedit Novel Sendiri secara gratis dari Kampung Fiksi karena sudah mengikuti lomba menulis Menjadi Nekaders J50K. Kelas Online baru akan dimulai pada bulan Mei 2014 nanti, akan dilakukan melalui email/link blog dan FB, jadi silakan mengirimkan email konfirmasi untuk mengikutinya ke kelasonlinekf@gmail.com. Pengumumannya dapat dilihat di sini: UPDATE!!! PEMENANG LOMBA MENULIS MENJADI NEKADERS J50K

    BalasHapus